Social Icons

twitterfacebooklinkedintwitterUniversitas Gunadarmarss feed

Jumat, 10 Agustus 2012

Tentang Soft Skill

Soft skill adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan seseorang "EQ" (Intelligence Quotient Emosional), cluster karakter kepribadian, rahmat sosial, komunikasi, bahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang menjadi ciri hubungan dengan orang lain Soft. keterampilan melengkapi hard skill (bagian dari IQ seseorang), yang merupakan persyaratan kerja dari pekerjaan dan kegiatan lainnya.



Soft skill adalah atribut pribadi yang meningkatkan interaksi individu, kinerja dan prospek karir. Tidak seperti hard skill, yang sekitar keahlian seseorang dan kemampuan untuk melakukan jenis tertentu dari tugas atau kegiatan, soft skill berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk berinteraksi secara efektif dengan rekan kerja dan pelanggan dan luas berlaku baik di dalam maupun di luar tempat kerja.
Soft skill seseorang EQ adalah bagian penting dari kontribusi masing-masing untuk keberhasilan sebuah organisasi. Terutama organisasi-organisasi berurusan dengan pelanggan tatap wajah umumnya lebih berhasil, jika mereka melatih staf mereka untuk menggunakan keterampilan ini. Skrining atau pelatihan untuk kebiasaan pribadi atau sifat-sifat seperti ketergantungan dan kesadaran dapat menghasilkan return yang signifikan atas investasi bagi suatu organisasi . Untuk alasan ini, soft skill semakin dicari oleh pengusaha di samping kualifikasi standar.

Keterampilan Soft kompetensi perilaku. Juga dikenal sebagai Keterampilan interpersonal, atau keterampilan orang, mereka termasuk keahlian seperti keterampilan komunikasi, resolusi konflik dan negosiasi, efektivitas pribadi, pemecahan masalah secara kreatif, berpikir strategis, membangun tim, keterampilan mempengaruhi dan keterampilan menjual, untuk beberapa nama.


panjang banget yaa -_- wkwk , tapi itu kalo dari segi global ,

kalo dari segi pendidikan mungkin kayak gini :
Softskill itu adalah Kemampuan di Luar Akademis dan di Dapatkan Bisa secara Otodidak
maupun dengan Latihan secara terus-menerus ,sehingga kemampuan softskillnya itu dapat berkembang, contohnya ialah Kemampuan untuk Berorganisasi, berbicara di depan umum,
dan Bekerja di dalam sebuah Team.
Softskill sangat penting jika kita nanti Terjun didalam dunia kerja, karena percuma jika nilai IPK kita nanti 4.00 sekalipun tetapi dia Tidak bisa berkerja secara team ataupun Gugup saat berbicara di Hadapan Orang Banyak, maka Karir dia kedepannya akan Bisa di tebak apakah Maju ataukah jalan ditempat.

oh iya katanya ada juga cara biar bisa meningkatkan Softskill :


1. learning by doing. Soft skill bisa diasah dan ditingkatkan seiring dengan pengalaman dalam dunia     kerja/berorganisasi.

2. Berinteraksi dan melakukan aktivitas dengan orang lain.
3. Mengikuti pelatihan-pelatihan / seminar tentang manajemen.

Intinya mah Softskill sama Hardskill itu berkaitan ,

jadi percuma aja IPK (hardskill) lo gede , tapi softskill lo kecil

sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar