Social Icons

twitterfacebooklinkedintwitterUniversitas Gunadarmarss feed

Rabu, 21 Oktober 2015

Telematika


Pengertian Telematika


Telematika berasal dari bahasa perancis “TELEMATIQUE” yang dapat di artikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah ini pertamakali diperkenalkan dalam buku yang berjudul “L’Informatisation de la Societe” oleh Simon Nora dan Alain Minc. 


Pesatnya kemajuan teknologi telekomunikasi, media, dan informatika atau disingkat sebagai teknologi telematika serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah merubah pola dan cara kegiatan bisnis dilaksanakan di industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa. Teknologi informasi dan komunikasi, pada masa sekarang tidak dapat dilepaskan dengan telematika (cyberspace). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan di masyarakat, antara lain dalam alam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan, sampai seluruh dunia. Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang sedemikian rupa, hanya saja harus adanya dukungan teknologi. Teknologi telematika yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.


Pada segi hukum telematika adalah perkembangan sistem elektronik berbasis digital antara teknologi informasi dan media yang awalnya berkembang secara terpisah. Para praktisi mengatakan bahwa Telematics merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “Telecommunication and Informatics” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Istilah ini mencakup dua teknik yaitu telekomunikasi dan informatika karena kekhususan penelitian dalam bidang penelitian seperti Digital signal processing, Network programming, Managemen Telekomunikasi, Routing, Security, Sentral Telephone, Router, Switch, Volp, Interoperabilitas : Persinyalan, Operating System dan database, Fiber optik, Network Performence dan Qos, Software dll.Telematika juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology) atau yang kita kenal dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Secara umum istilah telematika digunakan untuk teknologi Sistem Navigasi atau GPS (Global Positioning System) sebagai integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (Mobile Communication Technology).


Belakangan baru disadari bahwa penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata menghadirkan Media Komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah Telematika kemudian merujuk pada perkembangan teknologi Telekomunikasi, Media dan Informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau "the Net". Dalam perkembangannya istilah Media dalam Telematika berkembang menjadi wacana Multimedia. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika.


Pemanfaatan Telematika

Telematika dapat digunakan atau diimplementasikan diberbagai bidang untuk membantu dan mempermudah kegiatan manusia. Telematika sudah menjadi komoditas industri, bisnis informasi, media dan telekomunikasi. Pemanfaatan Telekomunikasi pada TI, yaitu :

E-Goverment


E-Goverment dapat membantu pemerintahan dalam konteks pembangunan. Baik negara maju maupun negara berkembang, E-Goverment dapat diterapkan pada sektor Informasi dan Transportasi untuk menekan biaya.

E-Commerce


E-Govermentmerupakan pemanfaatan telematika yang paling banyak digunakan. Karena bidang ini dapat mebantu dalam bidang penjualan. Dengan E-Commerce penjual dan pembeli tidak harus bertemu di tempat dan waktu yang bersamaan. Dengan memanfaatkan blog, website, maupun media sosial jarakdan waktu tidak lagi menjadi penghalang.

E-Learning


E-Learning merupakan salahsatu hal baru dalam proses pembelajaran yang menggunakan media elektronik. Dalam perkembanganna E-Learning sudah dapat digunakan secara formal, misalnya pembelajaran dalam kurikulum, mata pelajaran dan tes yang telah disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati oleh pihak terkait.


Pemanfaatan telematika dalam bidang komunikasi :



Penyampai informasi.

Bidang ini dapat menyampaikan informasi secara cepat dan mudah, seperti perkembangan ekonomi, sosial, maupun musibah. Serta dapat menambah wawasan di berbagai hal.



Sarana sosial

Bidang ini dapat menghubungkan individu dengan individu bahkan organisasi atau perkumpulan dalam berinteraksi satu samalain. Telematika dapat menghubungkan interaksi tersebut untuk mempermudah interkasi yang terhalang oleh jarak dan waktu.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://virtuallight2.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-telematika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar